BERITA

Ratusan Pedagang di Pasar Diswab Secara Geratis

Senin, 22 Juni 2020   mas ayul   59  

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Gugus Tugas Penanganan Covid melakukan pengambilan sampel swab terhadap ratusan pedagang di sejumlah pasar wilayah Kabupaten Sumbawa. Pengambilan sampel swab tersebut telah mulai dilaksanakan sejak Senin (22/6/2020) tadi. Dimulai dari Pasar Labuhan Sumbawa Kecamatan Badas. Sebanyak 50 pedagang diswab.

Hal ini dibenarkan Sekda Sumbawa selaku Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM yang diwawancarai khusus samawarea.com, Senin (22/6). Pemeriksaan sampel swab ini dilaksanakan di 8 pasar, masing-masing 50 orang sehingga totalnya mencapai 400 orang. Dimulai dari Pasar Labuhan, berlanjut ke pasar-pasar lainnya seperti Brang Biji, pasar Kerato, Pasar Utan, Alas, Langam, Plampang dan Empang. “Rencananya ada 6 pasar dari Hari Senin sampai Hari Jumat, lanjut tuntaskan dua pasar Senin dan Selasa depan,” imbuhnya.

Pengambilan sampel swab terhadap para pedagang dan penghuni pasar lainnya, ungkap Sekda yang akrab disapa Haji Bas ini, untuk mendapatkan gambaran kondisi Covid di Kabupaten Sumbawa, sehingga menjadi acuan bagi pihaknya mengambil langkah selanjutnya. Pemda kata Sekda, lebih memilih langsung dilakukan pengambilan  swab daripada rapid test, karena menilai swab hasilnya lebih akurat, dan singkat. Selain itu adanya kerjasama dengan Laboratorium Genetik STP. Kerjasama ini bukan yang pertama tapi sudah dilakukan sebelumnya. Saat itu ada 115 orang masyarakat umum yang diswab, hasilnya semua negatif. Ia berharap dengan upaya Pemda melalui Gugus Tugas ini, Kabupaten Sumbawa dapat cepat mengambil tindakan, mencegah dan memutus penyebaran Covid.

"Rencananya Besok atau Lusa akan di adakan Swab Geratis di Wilayah Kecamatan Alas melingkup Alas Barat Juga" paparan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Sumbawa M. NURHIDAYAT, ST.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • BPBD Kabupaten Sumbawa kini Memliki WRS

    BPBD Kab. Sumbawa memiliki WRS (WARNING RECEIVER SYSTEM)

    Bocah Terseret Arus dan Banjir di Sejumlah titik.

    Bocah Terseret Arus dan Banjir di Sejumlah titik.

    Banjir merendam ratusan rumah warga

    Banjir merendam ratusan rumah warga di Desa Karang Dima