BERITA

Wakil Bupati Sumbawa meninjau dampak Banjir Kecamatan Tarano

Selasa, 17 Desember 2019   mas ayul   194  

SELASA BERAWAN,

LAPORAN MONITORING DAMPAK BANJIR DI KECAMATAN TARANO

Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sumbawa

 

Selamat Siang,

Mohon ijin melaporkan,

Pada hari    

:

SELASA

Tanggal

:

17 Desember 2019

Jam   

:

14.00 WITA

 

Hasil Pemantauan dan Monitoring sebagai berikut :

 

A. CUACA DAN WILAYAH :

SUMBAWA, LAB.BADAS, UNTER IWES, MOYO UTARA, MOYO HULU, MOYO HILIR, BATULANTEH, RHEE, UTAN, BUER, ALAS, ALAS BARAT, LOPOK, LAPE, MARONGE, LANTUNG, LENANGGUAR, LUNYUK, ORONG TELU, LABANGKA, ROPANG, PLAMPANG, EMPANG, TARANO :

PAGI : BERAWA

SIANG : BERAWAN TEBAL

MALAM : BERAWAN TEBAL

DINI HARI : BERAWAN TEBAL

SUHU (°C) : 25 - 35

KELEMBABAN (%) : 75 - 95

ARAH ANGIN Kec.KM/JAM: Tenggara 30

 

B. PERINGATAN DINI :

  1. Waspadai tinggi gelombang yang mencapai ≥ 3.0 M di Selat Lombok Bagian Utara, Selat Lombok Bagian Selatan, Selat Alas Bagian Selatan, Laut Sumbawa, Perairan Selatan Sumbawa, Selat Sape, dan Samudera Hindia Selatan NTB.

C. KRONOLOGI HASIL MONITORING:

  • Curah hujan yang sangat tinggi pada hari Senin  jam 17.25 Wita tanggal 16 Desember 2019 menyebabkan sungai yang berada di Kecamatan Tarano Desa Bantulanteh meluap dan menggenangi perumahan masyarakat, jalan umum, fasilitas pendidikan serta fasilitas umum lainnya. Dampak dari banjir tersebut sebanyak 140  Kepala keluarga atau 700 Jiwa di wilayah tersebut terendam air dan Pemukiman Masyarakat Tergenang Sebanyak 15 KK atau 75 jiwa dengan ketinggian air diperkirakan ± 60 cm s/d 100 cm. Selanjutnya pada hari yang sama sekitar jam 18.30 sore akibat banjir yang menerjang mengakibatkan tumpukan sampah yang menggunung di muara sungai hingga saat ini proses pembersihan tumpukan sampah masih berlangsung, diperkirakan waktu penyelesaian pengangkutan sampah dan lainnya yang menyangkut bencana banjir yang terjadi diperkirakan selama 5 (lima) hari terhitung mulai tanggal 16 Desember 2019 sampai dengan 20 Desember 2019. Setelah mengadakan rapat terbuka bersama Wakil Bupati Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa (selaku ex-officio), Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sumbawa maka diperintahkan untuk membuat Keputusan Bupati Tentang Status Tanggap Darurat Bencana Banjir di Desa Bantulanteh Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa Selama 5 (lima) Hari terhitung mulai tanggal 16 Desember sampai dengan tanggal 20 Desember 2019.
  • Hari ini Tanggal 17 Desember 2019 sekitar Pukul 14.00 Wita Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Sumbawa MUHAMMAD NURHIDAYAT, ST beserta jajarannya mendampingi Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. MAHMUD ABDULLAH menuju titik Lokasi tempat pembersihan dampak banjir di Kecamatan Tarano, sekita pukul 15.20 di Lokasi Sudah Berkumpul Warga Desa Terdampak Beserta Kapala Desa dan Kepala Dusun dan Camat ikut terlibat dalam proses pembersihan untuk kelancaran dan percepatan peroses pembersihan.
  • Selama proses pembersihan yang diperkirakan selama 5 (lima) hari, Tim BPBD Kabupaten Sumbawa menyiagakan anggotanya dilokasi untuk mempermudah mobilisasi alat berat dumtruk dan personil yang terlibat didalam proses pembersihan.

D. TINDAKLANJUT BPBD:

-BPBD Kab. Sumbawa Turun Langsung membantu proses pembersihan dampak banjir yang terjadi selama 5 (lima) Hari terhitung mulai tanggal 16 Desember s/d 20 Desember 2019.

-BPBD Kab. Sumbawa Berkoordinasi dengan Wakil Bupati Sumbawa, Camat Tarano dan Camat Empang beserta Kepala Desa dan Kepala Dusun Terdampak meninjau lokasi dampak bencana banjir.

-BPBD Kab. Sumbawa memobilisasi Alat Berat Kato, Truk, dan keperluan lainnya dalam proses pembersihan yang berlangsung selama 5 (lima) hari.

E. PERSONIL STANDBY DILOKASI :

  1. B A D R O N
  2. AMSYARULLAH, SE
  3. MUHAMMAD SA’AD

F. DOKUMENTASI TERLAMPIR :

 

 

 

Demikian Laporan  Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sumbawa

SALAM TANGGUH SALAM KEMANUSIAAN

SIAP UNTUK SELAMAT

KITA JAGA ALAM, ALAM JAGA KITA

AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM

FORECASTER ON DUTY

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Ratusan Pedagang di Pasar Diswab Secara Geratis

    Semua Pasar di daerah Kab. Sumbawa akan di Swab secara Bertahap

    BPBD Kabupaten Sumbawa kini Memliki WRS

    BPBD Kab. Sumbawa memiliki WRS (WARNING RECEIVER SYSTEM)

    Bocah Terseret Arus dan Banjir di Sejumlah titik.

    Bocah Terseret Arus dan Banjir di Sejumlah titik.